PROFIL HIMALAYA

 

LATAR BELAKANG

Himpunan Mahasiswa Penjelajah Alam ( HIMALAYA ) didirikan pada tanggal, 20 oktober 2012 Lahir dari gagasan sekelompok mahasiswa STIE Yasa Anggana Garut  yang aktif dalam kegiatan di alam bebas (Outdoor’s Activities).

Dari namanya sebagai “Penjelajah Alam”, diharapkan tercermin suatu kesungguhan untuk tidak hanya bergerak naik turun gunung, dan tancap bendera di puncak. Lebih dari pada itu, sebenarnya dituntut untuk bergerak mengungkapkan data dan mengemukakan analisa, bahkan sekaligus untuk berkarya nyata dan turut menjawab fenomena yang tengah tumbuh dan berkembang ditengah kehidupan alam dan masyarakat saat ini. Dengan demikian, maka organisasi ini merupakan wadah belajar untuk mengembangkan tanggap pribadi, tanggap kelompok bahkan tanggap masyarakat dan lingkungan yang lebih luas lagi.

Menurut bidangnya, aktivitas Himpunan Mahasiswa Penjelajah Alam (HIMALAYA) dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

  1. Pendidikan dan Latihan
    Proses transfer ilmu dan kecakapan, baik didalam internal oraganisai HIMALAYA sendiri, dari HIMALAYA ke luar atau pun dari luar ke dalam.
  2. Petualangan dan Ekspedisi
    Melakukan aktifitas petualangan dan ekspedisi seperti : Pendakian Gunung, Penempuhan Rimba, Penyusuran Sungai, Rel dan Pantai, Olah Raga Arus Deras (ORAD), Pemanjatan Tebing (Rock Climbing), Caving Patholing, SAR dan lain sebagainya.
  3. Obsevasi
    Pengamatan dan studi perbandingan masyarakat, khususnya masyarakat suku terasing, desa terasing dan karakter desa lainnya.
  4. Lingkungan
    Pengamatan dan Penyelamatan Lingkungan (hayati dan non hayati), Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL), Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA), Reboisasi, dan lain lain.
  5. Kemanusiaan
    Partisipasi bakti masyarakat, menyelenggarakan kegiatan aplikasi teknologi terapan/ tepat guna, partisipasi dalam aktifitas Search and Rescue (SAR) dan lain lain.
  6. Hubungan
    Melakukan hubungan dengan instansi instansi / badan badan terkait dalam bidang ilmiah, organisasi sejenis, perusahaan dan lain.

Diharapkan dari kegiatan penjelajahan alam ini akan dapat tercakup aspek aspek pendidikan intelektual, pengembangan watak dan pembinaan keterampilan yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai nilai tambah dan bekal dalam aktifitas di alam dan di masyarakat dikemudian hari.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud serta Tujuan awal didirikannya Unit Kegiatan Himalaya(UKH) ini untuk mendidik, membina, menumbuhkan dan mengembangkan bidang kepecint alaman, membina watak dan kepribadian dalam menyalurkan cipta, rasa dan karsa serta karyaa dalam usaha pelestarian lingkungan, dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Tujuan Umum
  2. Memperkuat dan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan mahasiswa YASA ANGGANA “ Garut.
  3. Mempertinggi rasa keimanan , ketaqwaan , kemanusiaan, dan solidaritas
  4. Terlaksananya tri darma perguruan tinggi dan norma kampus sebagai bekal darma bakti kepada bangsa , Negara dan agama.
  5. Tujuan khusus
  6. Meningkatkan potensi individu anggotanya/mahasiswa Penjelajah Alam di STIE “Yasa Anggana” Garut
  7. Melakukan peran serta dalam usaha memelihara, melestarikan, serta memanfaatkan sumber daya alam secara optimal.
  8. Membina sikap dan mental mahasiswa STIE YASA ANGGANA yang aktif , kreatif, dan dinamis, sebagai manusia yang berdisiplin dan beranggung jawab

 

SASARAN YANG DI HARAPKAN

  1. Maha siswa penjelajah alam dapat mengembangkan pengetahuan dan wawasannya tentang penomena alam dan lingkungan
  2. Mahasiswa STIE “Yasa Anggana “ memiliki jaringan dan komunitas yang harmonis antar pecinta alam baik tingkat Garut, provinsi maupun Nasional.
  3. Tersaringnya kader dibidang yang peduli akan alam dan lingkungan dari kalangan mahasiswa khususnya STIE “ Yasa Anggana “.
  4. Terciptanya mahasiswa yang kritis akan kejadian atau peristiwa-peristiwa akan kesenjangan di lingkungan.

 

NAMA LEMBAGA

Lembaga ini merupakan Unit Kegiata Mahasiswa ( UKM ) yang dinamakan Unit Kegiatan Himpunan Penjelajah Alam “ Yasa Anggana “ disingkat HIMALAYA.